@thesis{thesis, author={ARDHY Yusup Reza Maulana}, title ={Pola Distribusi dan Nilai Margin Pemasaran Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) yang Didaratkan di PPN Pekalongan}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10932/}, abstract={Produksi ikan Tongkol di TPI PPN Pekalongan pada tahun 2019 mencapai 2.302,75 Ton dimana nelayan melakukan transaksi di Tempat Pelelangan Ikan dengan sistem lelang. Distribusi berperan penting dalam suatu pelabuhan perikanan karena jika hasil tangkapan tidak didistribusikan, penjualan produk hasil tangkapan tidak akan sampai hingga ketangan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pola distribisi, penanganan dan nilai margin pemasaran ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di PPN Pekalongan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, share nelayan dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan, Pola distribusi ikan Tongkol hasil tangkapan nelayan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan dalam pendistribusiannya melibatkan beberapa pelaku pemasaran yaitu nelayan, pedagang besar, pedagang sedang dan pedagang pengecer. Terdapat 5 saluran pemasaran. Sementara penanganan yang dilakukan oleh nelayan pasca penangkapan sampai pendistribusian sudah baik dimana kapal >30 GT sudah dilengkapi dengan Frezeer dan kapal <30 GT memakai es balok untuk menjaga kualitas hasil tangkapan ikan tetap terjaga. Para pedagang sedang dan pedagang besar juga memakai box pendingin dan es balok untuk menjaga kualitas ikan Tongkol tetap terjaga saat pendistribusian ke luar kota. Total nilai margin dari saluran I sampai saluran V adalah sebesar Rp. 1000/kg ? Rp. 6000/kg dan margin tertinggi pada saluran I. Presentase share nelayan adalah sebesar 77?100% yang berarti sudah efisien karena >50%. Nilai efisiensi pemasaran saluran I - V <5% yang berarti semua saluran yang ada sudah efisien. Saluran pemasaran yang paling efektif yaitu pada saluran pemasaran I dan III.} }