@thesis{thesis, author={LUSIANA Iluk}, title ={Analisis Hubungan antara Volume, Kecepatan dan Kerapatan Menggunakan Metode Greenshield, Greenberg dan Underwood Studi Kasus Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10955/}, abstract={Jalan Jenderal Soedirman merupakan jalan di pusat kota yang sering dilalui oleh banyak kendaraan. Pada ruas jalan ini dilakukan pembangunan Underpass Jenderal Soedirman untuk mengurai kemacetan akibat adanya perlintasan sebidang kereta api. Underpass Jenderal Soedirman berhasil mengurai kemacetan namun menimbulkan permasalahan baru berupa perlambatan kecepatan. Perlambatan laju kendaraan berpotensi menimbulkan masalah arus lalu lintas sehingga dilakukan penelitian mengenai karakteristik arus lalu lintas pada Jalan Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan mengetahui kapasitas jalan menggunakan MKJI 1997, mengetahui hubungan volume, kecepatan dan kerapatan menggunakan model Greenshield, Greenberg dan Underwood serta memperoleh alternatif untuk mengatasi permasalahan kinerja jalan dan lalu lintas pada Jalan Jenderal Soedirman. Hasil analisis kapasitas menggunakan MKJI 1997 menunjukkan bahwa jalan masih dapat menampung volume kendaraan yang melintas dengan nilai kapasitas (C) = 3173,76 smp/jam. Tingkat pelayanan jalan yang diperoleh dengan membandingkan volume dan kapasitas adalah C, yaitu arus stabil dan pengemudi dibatasi untuk memilih kecepatanya. Hasil pemodelan dengan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood didapatkan model terbaik yaitu Model Greenshield dengan persamaan matematis S = 41,996-0,168D dengan nilai R² = 0,890 dan Kapasitas/volume maksimum sebesar 2624,230 smp/jam. Alternatif yang diperoleh untuk mengatasi masalah kinerja jalan dan lalu lintas adalah dengan melakukan kebijakan overbodden satu arah pada saat jam puncak sehingga volume kendaraan yang melintas menurun dan tingkat pelayanan jalan meningkat. Selain itu juga disarankan untuk dibuat jalur khusus untuk kendaraan lambat sehingga lalu lintas tidak terhambat.} }