@thesis{thesis, author={SETIAWAN Koko}, title ={Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA El Bayan Majenang}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/11575/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei menggunakan kuesioner pada siswa kelas XI IPS 1-4 dari Ma El-Bayan Majenang. Penelitian ini mengambil judul: ?Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi melalui Motivasi Belajar siswa kelas XI Ma El-Bayan Majenang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisa pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS 1-4 di Ma El-Bayan Majenang yang berjumlah 120 responden dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) menggunakan software Warp PLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Mutu Pembelajaran Online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar, (2) Mutu Pembelajaran Online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar, (3) Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar, (4) Motivasi Belajar mampu memediasi pengaruh Mutu Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar secara parsial, (5) Fasilitas Belajar di Rumah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar, (6) Fasilitas Belajar di Rumah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar, (7) Motivasi Belajar mampu memediasi pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Hasil Belajar secara parsial, (8) Mutu Pembelajaran Online dan Fasilitas Belajar di Rumah secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi Hasil Belajar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengambil sampel yang lebih luas. Guru diharapkan dapat terus melakukan evaluasi pembelajaran dengan melibatkan peran aktif siswa agar kualitas pembelajaran yang ada terus meningkat. Sebaiknya sekolah selalu memberikan edukasi kepada orang tua siswa untuk senantiasa memantau siswa saat pembelajaran online. Bagi orang tua siswa dapat memenuhi fasilitas belajar di rumah seperti penyediaan perangkat, penyediaan jaringan internet, ruang belajar dll.} }