@thesis{thesis, author={ZAHARA Khansa Izzul}, title ={Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dalam Melakukan Pemesanan Apartemen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Nomor 45/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Sel)}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/11694/}, abstract={Perlindungan Hukum terhadap konsumen pengguna suatu barang dan/atau jasa masih sangat lemah di Indonesia. Perlindungan Hukum terhadap konsumen sendiri padahal sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tetapi tidak jarang konsumen masih merasa dirugikan atas penggunaan barang dan/ atau jasa yang diberikan oleh pelaku usaha. Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dalam kasus pemesanan apartemen yang tidak diserahkan sesuai waktu yang diperjanjikan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian adalah deskriptif analisis dengan menggunakan data sekunder yang disajikan dengan uraian secara sistematis dan logis, kemudian dianalisis secara normatif-kualitatif . Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 45/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Sel. sebagai bukti upaya penegakan perlindungan hukum konsumen, khususnya konsumen apartemen. PT. Prospek Duta Sukses sebagai pelaku usaha terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan wanprestasi (ingkar janji) serta melanggar hak konsumen yang diatur dalam Pasal 4 huruf (d) dan (h) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hakim juga menghukum PT. Prospek Duta Sukses untuk membayar ganti kerugian kepada pemesan apartemen sejumlah uang yang telah dibayarkan untuk melakukan pemesanan apartemen.} }