@thesis{thesis, author={SUSILO Royalin Febrianingrum}, title ={Analisis Jalur untuk Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Berdasarkan Human, Organization, Technology (HOT) Fit Model di RSUD Banyumas}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/11755/}, abstract={Latar Belakang: RSUD Banyumas merupakan rumah sakit umum tipe B di Kabupaten Banyumas yang telah menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit sejak tahun 2005 yang dikelola oleh vendor. Penerapan SIMRS dapat mempengaruhi pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi SIMRS dengan metode HOT-Fit menggunakan analisis jalur di RSUD Banyumas. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan di RSUD Banyumas dengan subyek penelitian adalah pengguna SIMRS. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan pengelompokan didasarkan pada 4 unit layanan yaitu bagian umum, bagian rawat inap, bagian rawat jalan, dan bagian penunjang. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat menggunakan uji korelasi, dan mutivariat menggunakan uji regresi linear berganda, dilanjutkan dengan analisis jalur. Hasil: Penelitian ini melibatkan pengguna SIMRS sebanyak 85 responden dengan karakteristik mayoritas berusia 31-40 tahun (30,6%), masa kerja 1-10 tahun (45,9%), berjenis kelamin perempuan (70,6%), dan bekerja di unit layanan bagian umum (30,6%). Hasil analisis jalur dengan regresi linear menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh langsung terhadap penggunaan sistem dengan p-value 0,013, kualitas informasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna dengan p-value 0,0001, kepuasan pengguna berpengaruh langsung terhadap manfaat nyata sistem dengan p-value 0,003, dan lingkungan organisasi berpengaruh langsung terhadap manfaat nyata dengan p-value 0,0001. Kesimpulan: Faktor yang berpengaruh terhadap manfaat nyata sistem (net benefit) dilihat dari sisi manusia (Human) adalah kepuasan pengguna, dari sisi organisasi (Organization) adalah lingkungan organisasi, dan dari sisi teknologi (Technology) adalah kualitas informasi dan kualitas layanan.} }