@thesis{thesis, author={ALVANI Dian}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Ipa Man 2 Banyumas}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/12146/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap aktivitas belajar siswa. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa. Metode peelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan non-equivalent group desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampel. Adapun sampel peelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas control. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan post-test, dan data aktivitas belajar melalui lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistic uji t (independent t-test). Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.} }