@thesis{thesis, author={NGIZZAH Aulia Rahmah}, title ={Pengaruh Karakter Generasi Z Dan Peran Guru Dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar dengan Lingkungan Sekolah Sebagai Variabel Pemoderasi}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/9442/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturraden. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh karakter generasi Z terhadap motivasi belajar (2) pengaruh peran guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar (3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar (4) pengaruh karakter generasi Z terhadap motivasi belajar dimoderasi oleh lingkungan sekolah (5) pengaruh peran guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar dimoderasi oleh lingkungan sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS sebanyak 170 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan probability sampling dan menghasilkan 120 sampel. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda, regresi moderasi, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa: (1) Karakter generasi Z berpengaruh positif terhadap motivasi belajar (2) Peran guru dalam pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar (3) Lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar (4) Lingkungan sekolah tidak memoderasi pengaruh karakter generasi Z terhadap motivasi belajar (5) Lingkungan sekolah tidak memoderasi pengaruh peran guru dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 78,2% motivasi belajar dapat dijelaskan oleh karakter generasi Z, peran guru dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah. Sedangkan sisanya 21,8% lainnya dijelaskan oleh variabel-variabel diluar model penelitian ini.} }