@thesis{thesis, author={HOFIFAH Nurul}, title ={Komunikasi Inklusif Guru dengan Anak Down Syndrome dalam Pembelajaran Jarak Jauh SLB Negeri 8 Jakarta Pada Era Pandemi Covid-19}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/9663/}, abstract={Merebaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat Presiden Joko Widodo menghimbau agar masyarakat tetap belajar, bekerja dan beribadah dari rumah untuk menekan angka penyebaran COVID-19 termasuk kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Pembelajaran yang dilakukan dari rumah diterapkan dari TK hingga Perguruan Tinggi termasuk pada SLB Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana seorang guru melakukan komunikasi inkslusif dengan siswa down syndrome dalam pembelajaran jarak jauh pada era pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pemilihan responden menggunakan purposive sampling (sampling bertujuan) dengan jumlah responden sebanyak empat informan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis menurut Miles & Huberman yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, Peneliti menggunakan inclusive special education theory. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi inklusif yang dilakukan oleh guru tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya bantuan orang tua. Situasi pandemi COVID-19 ini menjadi tantangan vi tersendiri bagi guru dan orangtua anak down syndrome yang membuat pembelajaran jarak jauh bagi anak down syndrome masih memiliki kekurangan diantaranya konektivitas internet yang buruk, orangtua mengalami kesulitan menggunakan teknologi, aktivitas orangtua dan anak yang kerapkali berbenturan dan mood anak down syndrome yang berubahubah ditengah pembelajaran} }