@thesis{thesis, author={Dewi Ratna and Hadinata Febrian and SAPUTRA R. ADITYA HENDRA}, title ={ANALISIS TEKANAN AIR PORI PADA TANGGUL SISA TAMBANG PT. FREEPORT INDONESIA}, year={2011}, url={http://repository.unsri.ac.id/101049/}, abstract={Kendala yang sering dihadapi pada bendungan jenis urugan homogen pada tanggul adalah adanya rembesan yang melalui tubuh tanggul tersebut. Konduktivitas hidrolik tanah pada tanggul digunakan untuk menghitung parameter yang berhubungan dengan kemampuan bendungan, termasuk laju rembesan dan jumlah rembesan, tekanan air pori, serta keadaan dan tegangan efektif. Nilai variabel ketinggian muka tailing dan perbedaan dimensi tanggul tiap tambang PT Freeport Indonesia mengakibatkan variasi nilai tekanan air pori yang memungkinkan teijadinya kegagalan konstruksi tanggul. Oleh karena itu penting sekali mempelajari secara lebih seksama untuk menganalisa tekanan air pori pada tanggul. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tekanan air pori pada tanggul barat sisa tambang atau west leeve PT Freeport Indonesia. Data penelitian merupakan data sekunder berupa hasil pengujian penetrasi standar (SPT) di sepanjang tanggul barat (west leeve), data dimensi tanggul, serta data ketinggian muka tailing. Analisis tekanan air pori didapatkan dengan program SEEP/W berdasarkan nilai konduktivitas hidrolik yang bervariasi pada tanggul. Setelah mendapatan nilai hasil output berupa tekanan air pori, data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel dan diolah secara statistik untuk menampilkan nilai maksimum dan nilai minimum tiap atau semua zona sisa zona. Nilai tekanan air pori pada setiap tanggul berbeda-beda hal ini disebabkan oleh dimensi tanggul dan tinggi permukaan air yang berbeda. Jadi semakin tinggi tanggul, dengan kondisi tailing maksimum, dan ditinjau dari titik tengah terendah ketinggian tanggul didapatkan nilai terbesar tekanan air pori positif. Tekanan air pori tersebut dapat digunakan sebagai parameter dalam menentukan kestabilan lereng.} }