@thesis{thesis, author={Agustien Melawaty and Djatmiko Wirawan and PERWITA GITA YUNITA}, title ={ANALISIS DAMPAK PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP TINGKAT LAYANAN JALAN RUSTAM EFFENDI PALEMBANG}, year={2011}, url={http://repository.unsri.ac.id/101543/}, abstract={Peningkatan jumlah penduduk yang tinggi sering kali tidak diimbangi dengan dan prasarana transportasi yang yang memadai. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas yang berupa kemacetan lalu lintas. Salah satu contohnya adalah jalan Rustam Effendi Palembang yang ruang jalannya tidak beroperasi dengan kapasitas yang maksimal karena sebagian jalan digunakan untuk lahan parkir. Maka perlu penanganan yang serius terhadap jalan dan parkir. Dalam penelitian ini akan dibahas dampak - dampak akibat parkir dibahu jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik parkir , mengetahui volume kendaraan dan mengidentifikasi tingkat pengaruh kegiatan parkir pada bahu jalan terhadap kinerja jalan dilihat dari waktu manuver parkir dan karakteristik arus lalu lintas di jalan Rustam Effendi Palembang. Model yang didapat dari hasil pengolahan data adalah: Y = 72,147 + 0,503X1 + 0,497X2. Berdasarkan hasil pengujian, variabel waktu manuver kendaraan masuk parkir (XI) dan waktu manuver kendaraan keluar parkir (X2) mempunyai hubungan yang signifikan terhadap tingkat layanan jalan ditinjau dari rata-rata waktu tempuh kendaraan dan waktu manuver kendaraan parkir. Dapat diketahui bahwa variabel mempunyai koefisien positif. Hal ini berarti terdapat faktor - faktor selain dari variabel ? variabel yang telah ditentukan yang juga mempengaruhi tingkat layanan jalan Rustam Effendi Palembang yaitu jarak kendaraan dibelakang kendaraan manuver parkir. Kata kunci : Dampak parkir, tingkat layanan, kemacetan} }