@thesis{thesis, author={Dadang Hikmah and Soraida Safira and SRI }, title ={KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YP GAJAH MADA PALEMBANG}, year={2018}, url={https://repository.unsri.ac.id/10259/}, abstract={Penelitian ini mengkaji mengenai ?Kenakalan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YP Gajah Mada Palembang?. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kenakalan yang dilakukan oleh siswa di sekolah karena beberapa sebab baik sebab internal maupun sebab eksternal sehingga sebab-sebab tersebut akhirnya membawa pada kasus-kasus kenakalan yang dilakukan oleh siswa di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memahami bagaimana kenakalan siswa di sekolah dan apa penyebab siswa melakukan kenakalan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam (indepth Interview) dan dokumentasi. Penelitian ini menggunkan teori tindakan sosial dari Max Weber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kenakalan siswa terjadi karena hasil dari suatu proses interaksi dari keluarga dan teman sebaya yang tidak sempurna, dimana keluarga merupakan agen sosisalisasi pertama yang akan diperoleh oleh siswa sebelum siswa bersosisalisasi di luar keluarga yaitu tema sebaya. Teman sebaya merupakan tempat bersosisalisasi sebagai siswa menjalin hubungan yang baru dengan orang lain diluar hubungannya dengan keluarga. Kenakalan tersebut tidak terlepas dari tindakan instrumental (Zwerk rational) merupakan tindakan sosial yang dilakukan seseorang didasarkan atas pertimbangan dan pilihan sadar yang berhubungan dengan tujuan tindakan itu dan ketersediaan alat yang dipergunakan untuk mencapainya. Tindakan efeksi atau tidakna yang dipengaruhi emosi (affectual action) merupakan tindakan yang didasarkan pada sentiment atau emosi yang dimiliki seseorang.} }