@thesis{thesis, author={Bimo Brata and DWI and Mirka }, title ={ROAD ASSET MANAGEMENT SYSTEM DALAM PENANGANAN LONG SEGMENT JALAN NASIONAL (STUDI KASUS : BATAS KOTA SEKAYU– MANGUN JAYA)}, year={2019}, url={https://repository.unsri.ac.id/10278/}, abstract={Pembangunan jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan hidup bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada jalan nasional. Apabila terjadi kerusakan pada jalan khususnya jalan nasional dapat berdampak besar pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat setempat, karena jalan nasional merupakan jalan penghubung antar provinsi yang digunakan sebagai salah satu jalur alternatif transportasi darat. Jalan Batas KotaSekayu - Mangun Jaya termasuk salah satu jalan nasional di Sumatera Selatan yang banyak terdapat kerusakan jalan. Long segment merupakan penanganan preservasi jalan dalam batasan satu panjang ruas jalanmenerus yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam yaitu jalan mantap dan standar sepanjang segmen.Salah satu cara untuk menganalisis dan memperkirakan secara berkala data pada jaringan jalan yaitumenggunakanaplikasiRoad Asset Management System(RAMS).Aplikasi tersebutmerupakan suatu perencanaan yang memiliki basis data yang menyimpan, menyajikan informasi data jalan serta bertujuan untuk pemeliharaan,peningkatan, pengoperasian aset fisik yang hemat biaya dalam suatu pekerjaan jalan agar tidak terjadi overload anggaran biaya pada suatu proyek.Adapunhasilanalisisperhitungan biaya perawatandanpenanganan pada ruasjalan Sekayu?Mangun Jaya yangdidapatsetelahsemua data diunggahdandiprosespadaaplikasi RAMS padatahun 2019 sebesar 2.777.668.318, padatahun 2020 sebesar 24.735.034.168, padatahun 2021 sebesar 6.695.598.356, padatahun 2022 sebesar 10.436.064.083, padatahun 2023 sebesar 16.070.598.318 danhasilpenanganan yang didapatadaenamcarayaituwarranty period, heavy routine maintenance, routine preventive, rutinkondisi, penanganan mayor rehab danroutine maintenance yang dilakukan per 100 meter STA.} }