@thesis{thesis, author={BHINNEKA EKA and Bochori and Eddy }, title ={PERENCANAAN REKONSTRUKSI JALAN ANGKUT SEPANJANG 1.267,9M BERDASARKAN DAYA DUKUNG TANAH DAN KEPMEN ESDM 1827K DI PIT ULAK PANDAN SELATAN PT. BUMI MERAPI ENERGI}, year={2019}, url={https://repository.unsri.ac.id/10290/}, abstract={Produktivitas alat angkut sangat dipengaruhi daya dukung tanah jalan angkut. Salah satu variabel penting yang mempengaruhi daya dukung tersebut adalah komposisi tanah dan kandungan air didalamnya. Kedua faktor tersebut juga tidak dapat ditiadakan pada setiap wilayah kerja tambang. Hal ini dinyatakan pada ketidaktercapaian target produksi PT. Bumi Merapi Energi (PT. BME) pada tahun 2018. Rencana rekonstruksi jalan angkut tersebut agar dapat menyesuaikan kondisi jalan angkut yang sesuai kaidah teknis dan dapat menjaga ketercapaian target produksi, maka digunakan panduan berupa Keputusan Menteri ESDM 1827K tentanga?Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik?. Berbagai ketentuan dan perhitungan dari kaidah tersebut mendapati bahwa, adanya satuan volume material yang perlu dipindahkan untuk menyempurnakan sistem drainase, irigasi, tanggul, separator, dan cross slope. Kegiatan tersebut akan diselesaikan selama 9 jam dengan menggunakan Excavator Komatsu PC-200. Berdasarkan perhitungan rimpull dan cycle time, ternyata terjadi peningkatan produktivitas sebesar 28,79% per alat angkutnya. Untuk tetap mempertahankan rona jalan angkut demi menmpertahankan peningkatan produktivitas tersebut, diperlukan kegiatan pemeliharan.} }