@thesis{thesis, author={Arliansyah Joni and NINGTYAS PARAMITHA AYU and Pataras Mirka}, title ={PENGARUH RENDAMAN AIR LAUT BANGKA TERHADAP KARAKTERISTIK PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) MENGGUNAKAN PENGUJIAN KUAT TEKAN}, year={2012}, url={http://repository.unsri.ac.id/104541/}, abstract={Lapisan perkerasan kaku (rigid pavement) yang mengggunakan material beton dirancang untuk memikul beban kendaraan pada jalan itu sendiri. Ketika suatu perkerasan kaku telah mencapai akhir dari masa layanannya sehingga tidak mampu lagi untuk menahan beban lalu lintas yang berada di atasnya, maka perencana mempunyai dua pilihan untuk meningkatkan kemampuan perkerasan kaku beton tersebut yaitu dengan rekonstruksi atau mengganti perkerasan tersebut dengan perkerasan beton yang baru dan dengan pelapisan tambah (overlay) pada perkerasan beton yang ada. Air laut dalam penelitian ini digunakan sebagai bahan rendaman beton. Dalam penelitian ini umur beton yang akan di uji yaitu 7 hari, 14 hari, 21 hari, dan 28 hari yang sudah di rendam menggunakan air laut dengan interval waktu rendaman yaitu 1 hari, 3 hari, dan 7 hari. Pada penelitian ini juga menggunakan semen Portland tipe I, semen tipe ini dapat digunakan pada konstruksi yang bersifat yang tidak memerlukan persyaratan-persyaratan khusus, dengan mutu beton K-350. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisa pengaruh rendaman air laut terhadap karakteristik perkerasan kaku (rigid pavement) dan menganalisa lamanya interval waktu rendaman air laut terhadap perubahan karakteristik perkerasan kaku (rigid pavement). Kata kunci : rigid pavement, beban kendaraan, rendaman air laut} }