@thesis{thesis, author={Asnimar and Pulungan Marwan and WINDRA TAMA }, title ={IMPLEMENTASI BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 6 RAMBUTAN}, year={2018}, url={https://repository.unsri.ac.id/971/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan melalui penerapan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 siklus, setiap siklus melalui empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan membaca dan menulis permulaan peserta didik mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari rata-rata nilai peserta didik. Pada Siklus I nilai rata-ratanya sebesar 62, pada Siklus II meningkat menjadi 70, pada Siklus III meningkat menjadi 80, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 89. Dari hasil observasi, keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yang terlihat dari rata-rata nilai aktivitas peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75, pada Siklus II meningkat menjadi 82, pada Siklus III meningkat menjadi 84, dan pada Siklus IV meningkat menjadi 87. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan buku Belajar Membaca dan Menulis Permulaan dengan Metode Iqro Modifikasi dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan serta aktivitas peserta didik kelas I SD Negeri 6 Rambutan.} }