@thesis{thesis, author={Agustien Melawaty and SEPTINI FITRIA}, title ={ANALISIS PROBABILITAS PEMILIHAN MODA BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN BUS DAN KERETA API PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA}, year={2009}, url={http://repository.unsri.ac.id/97747/}, abstract={Manusia adalah mahluk sosial sehingga mereka perlu saling berinteraksi. Transportasi menjadi media bagi manusia untuk mengantarkan mereka berinteraksi dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam melakukan aktivitasnya tersebut, manusia dihadapkan pada beberapa pilihan alat transportasi yang dapat digunakannya untuk mencapai tempat tujuan misalnya dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Sikap perseorangan terhadap angkutan umum dapat diukur berdasarkan urutan kesukaan, dengan alasan bahwa atribut perjalanan yang paling bernilai dalam urutan adalah sampai tujuan tepat pada waktunya, tempat duduk mudah didapat, tidak perlu berganti kendaraan, pelayanan teratur, ada perlindungan terhadap cuaca selama menunggu dan waktu berhenti menunggu lebih pendek. Dalam berbagai situasi kondisi jalan, pelaku perjalanan dapat memilih satu atau lebih diantara beberapa moda angkutan yang tersedia. Adapun sarana transportasi yang tersedia dan dapat digunakan oleh mahasiswa yang berdomisili di Palembang untuk mencapai kampus diantaranya bus mahasiswa dan kereta api. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa model probabilitas yang dapat menjelaskan probabilitas pemilihan moda angkutan bus mahasiswa atau kereta api berdasarkan tingkat pelayanannya. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer adalah upaya pengumpulan data dan informasi melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Universitas Sriwijaya yang menggunakan Bus Mahasiswa dan Kereta Api. Pengumpulan data sekunder adalah pengumpulan data-data berupa jumlah mahasiswa Universitas Sriwijaya yang berdomisili di Palembang, jumlah bus mahasiswa yang aktif beroperasi, dan kapasitas kereta api yang memadai untuk perjalanan Palembang-Inderalaya atau sebaliknya setiap harinya, serta informasi dari literature yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dengan menggunakan metode logit biner menghasilkan model yang kemudian dapat digunakan untuk menghitung peluang mahasiswa menggunakan kereta api atau bus mahasiswa. Tingkat pelayanan yang paling mempengaruhi pemilihan moda bagi mahasiswa pada saat perjalananannya menuju Universitas Sriwijaya Inderalaya adalah waktu tempuh maksimal moda (0,032 kali) dan pada saat pulang menuju Palembang adalah waktu perjalanan dari fakultas menuju moda (2,835 kali).} }