@thesis{thesis, author={Darlius and Harlin and HUTRIANI }, title ={PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH KOROSI DAN TEKNIK PELAPISAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA}, year={2018}, url={https://repository.unsri.ac.id/996/}, abstract={Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa petunuk praktikum pada mata kuliah korosi dan teknik pelapisan di program studi pendidikan teknik mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan model penelitian Rountree dengan 3 tahapan yaitu, tahapan perencanaan yaitu analissi kebutuhan, tahapan pengambangan yaitu mengumpulkan informasi dan desain produk, dan tahapan evaluasi, untuk tahapan evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tesmerr dengan 4 tahapan yaitu tahapan Validasi (expert review ) validasi ahli materi dengan hasil yang didapatkan sebesar 77,69% dengan kategori valid dan ahli desain sebesar 81,53%,dengan kategori sangat valid, uji coba kelompok kecil (one-to-one) dengan hasil 81,66 % dengan kategori sangat praktis, uji coba kelompok kecil (small group) dengan hasil 82,07% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba lapangan (Field Test) dengan hasil 84,01% dengan kategori sangat praktis. Sehingga perangkat pembelajaran petunjuk praktikum yang di kembangkan ini valid dan praktis untuk digunakan} }