@thesis{thesis, author={Firman Firdaus B }, title ={PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS GENRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS REPORT PADA KELAS SEBELAS DI SMA NEGERI 3 PALU}, year={2019}, url={http://repository.untad.ac.id/100/}, abstract={FIRMAN FIRDAUS BOLI (A 121 15 012). Penerapan Pendekatan Berbasis Genre Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Report Pada Kelas Sebelas Di SMA Negeri 3 Palu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Jamiluddin dan Budi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan pendekatan berbasis genre dapat efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks report pada kelas sebelas di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palu yang berjumlah 402 siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampel purposive dimana XI MIA 5 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 7 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes, yang terdiri dari pra tes dan pasca test yang diberikan kepada kedua kelompok sebagai eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis genre memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks report. Hal itu dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan skor rata-rata pasca test pada kelompok eksperimen adalah (71,64) dan kelompok kontrol adalah (58,67). Nilai t-hitung adalah (5,17) dan nilai t-table adalah (2,001). Nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel. Itu berarti bahwa penerapan Pendekatan Berbasis Genre efektif untuk meningkatkan kemampua siswa menulis teks report. Kata kunci: menulis, meningkatkan, pembelajaran berbasis teks, siswa } }