@thesis{thesis, author={Aya and FARIKHATUL }, title ={IMPLEMENTASI METODE FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1133/}, abstract={Pembelajaran merupakan upaya mengubah masukan berupa siswa yang belum terdidik, menjadi siswa yang terdidik, siswa yang belum memiliki pengetahuan tentang sesuatu, menjadi siswa yang memiliki pengetahuan. Metode pembelajaran yang bersifat monoton dengan menggunakan metode ceramah ini membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar. Sehingga bergeser menjadi siswa belajar mandiri di rumah dengan memanfaatkan internet, siswa dapat menerima materi yang diberikan oleh guru secara tidak langsung dan kemudian membahas hal yang telah dipelajari di kelas. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah penerapan metode Flipped Classroom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi, teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik tringulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teknik, dan waktu; dan ketekunan pengamatan. Informasi peneliti yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, pendidik, dan para siswa. Berdasar penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Pada pembelajaran Akidah Akhlak guru menggunakan metode Flipped Classroom seperti video pembelajaran dapat meningkatkan belajar siswa secara lebih efektif, 2) Kelebihan dan kekurangan metode Flipped Classroom pada pembelajaran Akidah Akhlak ini siswa dapat mengulang-ulang video pembelajaran tersebut sehingga ia benar-benar memahami materi dan untuk menonton video, setidaknya diperlukan sarana prasana yang memadai, 3) Kendala-kendalanya guru tidak menguasai teknologi informasi untuk membuat video pembelajaran atau power point biasanya guru tidak mau repot-repot karena guru memang belum tau tentang keuntungan dengan apa yang dilakukan biasanya guru menggangap pembelajaran metode Flipped Classroom dengan memanfaatkan video belajar itu merupakan pekerjaan yang rumit dan mereka ragu akan keberhasilannya.} }