@thesis{thesis, author={Dr. H. Yogi Prana and PUTRI DEWI and Ulfa }, title ={PROBLEMATIKA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VII DI MTS AL-FALAH CANGAAN KANOR BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1136/}, abstract={Motivasi bagi peserta didik merupakan bagian terpenting guna mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Motivasi memberi andil bagi individu dalam perkembangan pembelajaran yang dialaminya. Hasil belajar akan menjadi optimal jikalau adanya motivasi yang tertanam dalam diri siswa. Apabila motivasi yang diberikan tepat maka keberhasilan belajar akan mudah diraih bagi siswa. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan pelajaran penting sebagai upaya untuk membentuk watak dan kepribadian umat, dengan mempelajari sejarah, generasi muda akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari perjalanan suatu tokoh atau generasi terdahulu. Dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) banyak sekali ditemukan problematika motivasi belajar, problem tersebut bisa disebabkan dari metode pembelajaran, media pembelajaran, ataupun sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII dan siswa kelas VII Mts Al-Falah Cangaan. Objek penelitian adalah problematika motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dialami guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah terkait metode pembelajaran, media pembelajaran dan Sarana prasarana. (2) Solusi yang diupayakan oleh guru adalah dengan memodifikasi metode pembelajaran, memberi motivasi, dan memanfaatkan media dan sarana prasarana yang ada dengan sebaik mungkin untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran.} }