@thesis{thesis, author={Fahru and LISA and Yogi Prana }, title ={INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1142/}, abstract={Bullying adalah perilaku sosial yang berdampak signifikan pada kehidupan seseorang, karena akan menggangu perkembangan psikologi korbannya. Seeorang yang melakukan bullying kemungkinan besar juga sekedar mengulangi apa yang pernah dia liat maupun dia alami. Begitulah bullying akan menjadi mata rantai yang tak akan berhenti. Meski bukan hal baru, bullying tetaplah sebagai suatu persoalan yang perlu dicegah.jenis Penelitian ini adalah lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan meode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti menunjukan bahwa :1. Bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Islahiyah Kalitidu yaitu kebanyakan termasuk jenis bullying verbal. 2. Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menegah perilaku bullying di MTs Islahiyah kalitidu ini menggunakan Strategi Keteladanan (modelling), Strategi Pembiasaan, Strategi Ibrah dan Amtsal, Strategi Pemberian Nasihat, Strategi Pemberian Janji dan Ancaman (Targhib wa Tarhib) dan Strategi Kedisiplinan. 3. Hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying di MTs Islahiyah kalitidu dapat dilihat mempunyai keberhasilan dengan menggunakan strategi di atas perilaku peserta didik yang melakukan pelanggaran perlahan-lahan berubah. Kata Kunci : internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam, perilaku bullying.} }