@thesis{thesis, author={FIYA and Ulfa and Yogi Prana }, title ={IMPLEMENTASI SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEBERSAMAAN DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS TARBIYATUL ULUM PEKUWON RENGEL TUBAN}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1151/}, abstract={Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang terdapat di sekolah-sekolah formal maupun informal tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, namun juga bertujuan membentuk akhlak atau karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter yang dapat membentuk kepribadian baik pada peserta didik, salah satu contohnya adalah kebersamaan, kemandirian dan kedisiplinan. dengan menerapkan karakter kebersamaan dan kedisiplinan di lingkungan sekolah, peserta didik akan menjadi individu yang berkualitas serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Salah satu upaya untuk mewujudkan terbentuknya karakter kebersamaan dan kedisiplinan di sekolah, adalah dengan membentuk sistem boarding school. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui implementasi sistem boarding school dalam membentuk kebersamaan dan kedisiplinan peserta didik di MTS Tarbiyatul Ulum Pekuwon. (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem boarding school dalam membentuk kebersamaan dan kedisiplinan peserta didik di MTS Tarbiyatul Ulum Pekuwon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang menyelidiki fenomena sosial dan langsung terjun ke lapangan, bertemu langsung dengan orang-orang, datang dan mendengar langsung tentang fenomena yang ada. penelitian ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implementasi sistem boarding school telah dilaksanakan kurang lebih selama dua tahun pembelajaran di MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon Rengel Tuban. Pengimplementasian sistem tersebut dilakukan untuk membentuk karakter kebersamaan dan kedisiplinan siswa di madrasah. (2) Faktor pendukung dari diterapkannya sistem boarding school adalah melalui kegiatan evaluasi yang rutin diterapkan hampir setiap bulannya. Kemudian, faktor penghambat dari adanya penerapan sistem boarding school ini ialah kurangnya adaptasi peserta didik terhadap sistem ini, sebab banyak peraturan yang berubah.} }