@thesis{thesis, author={Giati and NILNA }, title ={ANALISIS POLA ASUH NENEK TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI DESA CEKALANG KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1218/}, abstract={Pada era sekarang ini banyak terjadi suatu konflik,yaitu tidak sedikit pasangan suami istri yang bekerja dan meninggalkan rumah demi mencukupi kebutuhan keluarga yang berakibatkan peralihan pengasuhan anak. Salah satu kenyataan yang dijumpai disekitar adalah anak diasuh oleh nenek. orang tua pengganti (nenek) merupakan figur utama bagi anak-anak dalam segala hal, dengan demikian tentu saja akan mempengaruhi perkembangan akhlak anak. Cara orang tua pengganti (nenek) berperilaku akan ditiru oleh anak. Nenek sebagai pendidik utama bagi anak, jika anak sering melihat kebiasaan baik yang dilakukan oleh nenek maka anak juga akan mencontoh perbuatan baik tersebut, sebalikya jika nenek mempunyai kebiasaan buruk, anak juga akan mencontoh perbuatan tersebut. Dalam mendidik akhlak dan prestasi belajar anak orang tua pengganti (nenek) mempunyai cara yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama, hal tersebut terjadi karena mereka mempunyai pengalaman, kebiasaan, pengetahuan, status soial yang berbeda juga. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau ucapan dari seseorang dan perilaku yang sedang diamati. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan fenomena dari individu, atau kelompok tertentu. Hasil penelitian menunjukkan: bentuk pola asuh yang digunakan nenek di Desa Cekalang yaitu pola asuh demoktaris dan pola asuh permisif. Upaya nenek dalam pembiasaan akhlakul karimah anak yaitu membiasakan sholat berjamaah, sholat tepat waktu, mengaji di TPQ, tanggung jawab, sopan santun, membiasakan dan mencontohkan bahasa krama. Upaya nenek dalam mengoptimalkan prestasi belajar anak yaitu dengan memberi reward, guru les, membatasi bermain hp, memotivasi dalam belajar.} }