@thesis{thesis, author={Agus Moh and NIA }, title ={IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1220/}, abstract={Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu meminimalisir kesulitan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik menurun. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru mata pelajaran fiqih dan 35 peserta didik. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk mempermudah peneliti mendapatkan gambaran secara jelas dari data yang diperoleh, penyajian data untuk memudahkan peneliti memahami apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan, penarikan kesimpulan untuk mendapatkan hasil akhir penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) implementasi metode Example Non Example di MTsN 3 Bojonegoro berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) sarana dan prasarana kurang memadai, (3) hasil evaluasi pembelajaran fiqih menggunakan metode Example Non Example mengalami peningkatan} }