@thesis{thesis, author={AHMAD and MUHAMMAD and ZAINI }, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA SMP NEGERI 1 RANDUBLATUNG BLORA}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1624/}, abstract={Berkaitan dengan pentingnya membaca Al-Qur?an yang wajib difahami oleh pendidik dan peserta didik dalam rangka menggapai keberhasilan dalam pembelajaran, penulis mengamati penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an siswa SMP Negeri 1 Randublatung. Dari latar belakang di atas, rumusan masalah pada skripsi ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung?, (2) Bagaimana efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung?, (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung?. Kemudian tujuan penelitian yang merujuk pada rumusan masalah di atas yaitu (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung?, (2) Untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung?, (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini adalah guru PAI SMP Negeri 1 Randublatung. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah memeriksa kelengkapan data, memeriksa kualitas data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan Creadibility, Confirmability, Transferability dan Dependenbility. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan model pembelajaran TGT yang pertama ada tahap persiapan yang meliputi persiapan bahan ajar, persiapan perangkat pendukung, pembuatan kelompok. Kedua pelaksanaan meliputi memberi motivasi, penjelasan materi dengan TGT, pemberian kuis. (2) Efektivitas model pembelajaran TGT meliputi menentukan tujuan, menggunakan model TGT, memberi motivasi. (3) Faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Randublatung. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, TGT.} }