@thesis{thesis, author={Ahmad and Ma'rufah Zain Cholishotul and Saeful }, title ={PENGARUH METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN NALAR BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1628/}, abstract={Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kemampuan minat belajar siswa tergolong rendah dikarenakan guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang tepat pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan metode debat. Dalam pembelajaran menggunakan metode debat ini diharapkan dapat mewujudkan sebuah perubahan minat belajar yang semakin tinggi dan mampu berfikir kritis untuk kebutuhan menghadapi pendidikan di era yang sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, sedangkan modelnya adalah quasi experimental design desainya yaitu nonequivalen control group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampelnya adalah 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest dan postest. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji deskriptif kelompok eksperimen dan kontrol, maka nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen ialah 60.60 sedangkan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol ialah 64.20. Untuk uji statistik inferensial dengan menggunakan rumus independent samples test dengan bantuan IBM SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka diperoleh nilai thitung >ttabel yaitu 2,330>1,734 Sedangkan nilai signifikan <0,05 yakni 0,032<0,05, maka hasil yang diperoleh adalah Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode debat dalam kemampuan meningkatkan nalar berfikir kritis siswa.} }