@thesis{thesis, author={Midya Yuli and Sita }, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM SUKOREJO KABUPATEN BOJONEGORO}, year={2019}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/164/}, abstract={Salah satu konsep yang abstrak adalah matematika materi perkalian. Oleh sebab itu wajar apabila matematika tidak mudah dipahami oleh kebanyakan peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, dalam mempelajari suatu prinsip atau konsep matematika diperlukan pengalaman melalui benda nyata (konkret). Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian. Salah satunya adalah kartu domino. Tujuan penelitian yang ingin penulis capai antara lain: Untuk mengetahui penggunaan kartu domino di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui hasil belajar matematika materi perkalian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu domino terhadap hasil belajar matematika materi perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu metode yang berkaitan dengan angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan tentang suatu keadaan atau peristiwa. Dalam hal ini yang digambarkan adalah pelaksanaan penggunaan kartu domino terhadap hasil belajar matematika materi perkalian kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Sukorejo Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media kartu domino pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro sangat jarang digunakan, sehingga siswa kesulitan dalam memainkannya. Namun, berkat bimbingan guru, penggunaan kartu domino dapat berjalan dengan lancar. (2) Hasil belajar matematika materi perkalian, sebelum digunakan kartu domino, banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Namun setelah digunakan kartu domino hasil belajarnya mengalami peningkatan yang signifikan. (3) terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar matematika materi perkalian. Berdasarkan perhitungan pengaruh penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar matematika materi perkalian adalah sebesar 0,672, ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar matematika materi perkalian} }