@thesis{thesis, author={M. Jauharul and Su’udin and VIVIN }, title ={EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL TANJUNGHARJO KAPAS BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1646/}, abstract={Efektivitas pembelajaran ialah pencapaian tujuan antara perencanaan serta hasil pembelajaran. Seperti halnya pada materi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) juga bisa memakai metode yang dikehendaki pendidik yang sesuai dengan materi yang sudah terdapat. CTL ialah metode pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajarinya dan mengubungkanya dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa didorong penuh untuk dapat menerapkanya dalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus Pengumpulan data diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari penelitian lapangan melipui obsevasi, kemudian wawancara dengan kepala sekolah, guru Akidah Akhlak dan siswa di Madrsaha Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo dan data skunder di peroleh dari buku referensi, dan data-data dari sekolah, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa pembelajaran CTL pada pembelajaran Akidah Akhlak Peserta didik menjadi semakin antusias atau bersemangat ketika proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik sangat antusias untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Faktor pendukung dari penerapan CTL yaitu melalui peningkatan kualitas guru dalam mengembangkan metode yang kreatif serta sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, sedangkan faktor penghambat yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda dan kurangnya keprofesionalan guru yang kurang mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan matang. sehingga pembelajaran Akidah Akhlak lebih bermakna, suasana kelas menjadi lebih hidup, dan kondusif.} }