@thesis{thesis, author={Farida and SITI NADIA HIDAYATI and Ulva Badi’ }, title ={IMPLEMENTASI MODEL PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PADANGAN}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1690/}, abstract={Model pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) merupakan model sumber belajar yang berasal dari teman sebaya atau sejawat yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman-teman sekelasnya di sekolah. Tujuan dari implementasi model peer tutoring adalah agar peserta didik bisa membaca dan memahami dengan lancar sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid yang benar. Berdasarkan latar penelitian yang telah diuraikan, maka dalam hal ini peneliti memilih fokus penelitian (1) Bagaimana implementasi model peer tutoring untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padangan, (2) Bagaimana pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model peer tutoring. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model peer tutoring untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padangan. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, mendisplay data, penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan sebuah data diuji dengan triangulasi. Hasil dari analisis penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman melalui model peer tutoring telah terealisasikan dengan baik. Serta saat pendidik mengimplementasikan model tersebut pada kegiatan belajar mengajar, yaitu pendidik mengacu pada rekomendasi pemerintah menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) satu lembar atau yang disederhanakan. Kata Kunci: Pembelajaran peer tutoring, meningkatkan pemahaman peserta didik} }