@thesis{thesis, author={DWI RIKA RATNA and Mohammad Tsaqibul and Siti Labiba }, title ={PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA DANDER}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1696/}, abstract={Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan keaksaraandi RA Miftahul Huda Dander . Dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalamkegiatan proses belajar mengajar. Sehingga masih banyak anak yang kurang memahami keaksaraan. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan media wayang untuk meningkatkan keterampilan keaksaraan pada siswa RA Miftahul Huda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan keaksaraan pada siswa sebelum diterapkan media wayang, untuk mengetahui bagaimana keterampilan keaksaraan pada siswa setelah diterapkan media wayang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media wayang terhadap keterampilan keaksaraan pada kelompok B RA Miftahul Huda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan paired t test dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang dalam kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan keaksaraan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 7.90 dan posttest sebesar 12.35. kemudian analisis data menggunakan paired t test dengan data pretest dan posttest. Diketahui nilai sig. 0.000 < 0.05, t hitung = 12.399, t tabel = 2.093. Maka dapat dismpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi ada pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita, dibuktikan dengan adanya kenaikan skor sebanyak 4-6 point dari hasil pretest ke posttest.} }