@thesis{thesis, author={AHMAD and INTAN and ZUMROTUL }, title ={Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngraho}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1720/}, abstract={Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, sehingga terciptanya inovasi-inovasi baru disegala bidang, salah satunya ialah bidang pendidikan. Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan salah satu yang dapat dilakukan guru ialah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Dengan kemajuan teknologi ini, banyak aplikasi yang tersedia dengan mudah dan gratis salah satunya yaitu canva. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan ekspermin dengan menggunakan aplikasi canva. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 32 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan test (pretest dan posttest). Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Penggunaan media pembelajaran interaktif canva dalam pembelajaran menjadikan siswa lebih fokus pada materi yang disampaikan, menambah semangat dan motivasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan menjadikan proses pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup dan tidak membosankan, dan (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Hasil Belajar.} }