@thesis{thesis, author={NAFISAH AINUR and Ulvina and Vesti Dwi }, title ={PENGEMBANGAN MODEL TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1759/}, abstract={Siswa SMA pada umumnya berada pada masa remaja, pada masa ini sebagian besar siswa SMA memiliki self esteem yang rendah. Self esteem merupakan suatu kepercayaan dalam diri individu yang menganggap bahwa dirinya berarti, dan dapat mengembangkan bakatnya untuk lebih maju, ini berarti siswa yang memiliki self esteem rendah tidak bisa menggambarkan dan mengevaluasi dirinya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah panduan model teknik psikodrama untuk meningkatkan self esteem siswa. Teknik psikodrama ini merupakan salah satu teknik yang mampu merubah tingkah laku individu dengan bantuan dirinya sendiri. Teknik psikodrama dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 3 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan tinhkat prosentase 5,34%. 54 Siswa yang memiliki tingkat self esteem rendah dengan prosentase 72%. 7 siswa yang memiliki tisenlf esteem tinggi dengan prosentase 9,34%. 11 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan prosentasi 9,34%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik psikodrama sangat berguna untuk meningkatkan self esteem siswa SMA. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik psikodrama, menarik, layak,tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor sekolah SMA.} }