@thesis{thesis, author={MUHAMMAD and Ulfa and Yogi Prana }, title ={PENERAPAN INFAQ DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILL EMPATI SISWA DI MTS ISLAMIYAH MULYOAGUNG SINGGAHAN TUBAN}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1828/}, abstract={Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pada zaman seperti sekarang ini, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung, 2) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan softskill empati siswa dengan penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Guru dan Siswa di MTs Islamiyah Mulyoagung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan infak memberikan dampak positif terhadap pengembangan softskill empati di MTs Islamiyah Mulyoagung baik dalam ranah kognitif, afektif dan komunikatif. Dalam ranah kognitif anak sudah mampu memahami perasaan orang lain, ranah afektif anak sudah mampu menunjukan sikap kepedulian dengan sesama. Sedangkan dalam ranah komunikatif siswa Siswa mengekspresikan empati mereka dengan mengatakan bahwa mereka merasa bahagia dan senang bisa membantu beban ornag lain.} }