@thesis{thesis, author={MIDYA YULI and SITI BARROTUT }, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON BERHITUNG PADA MATERI KONSEP DASAR PERKALIAN YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE KELAS II MI NURUL ULUM SUKOREJO BOJONEGORO}, year={2019}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/187/}, abstract={Belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dengan belajar manusia dapat mengembangkan potensi yang. Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Pembelajaran yang menarik akan diikuti oleh siswa sehingga pembelajaran tersebut terkesan menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang cocok dengan suasana yang terjadi dalam diri siswa, jika siswa tidak senang pasti tidak akan memperhatikan sehingga siswa akan menjadi pasif, jenuh, dan bersikap masa bodoh terhadap pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menjelaskan validitas pada Media Pembelajaran Dakon Berhitung materi konsep dasar perkalian yang dipadukan dengan Model Pembelajaran Take and Give?. (2) Mendeskripsikan kepraktisan Media Pembelajaran Dakon Berhitung materi konsep dasar perkalian yang dipadukan dengan Model Pembelajaran Take and Give?. (3) Mendeskripsikan keefektifan Media Pembelajaran Dakon Berhitung materi konsep dasar perkalian yang dipadukan dengan Model Pembelajaran Take and Give?. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan media Dakon berhitung yang dikembangnkan menurut kebenaran konsep dasar perkalian melalui model pembelajaran Take and Give. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, Validasi, Pengamatan (Observasi), Angket (Kuisioner), Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran media Dakon berhitung yang dikembangkan menurut kebenaran konsep materi konsep dasar perkalian melalui model pembelajaran Take and Give layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal, dan respon siswa yang sangat baik.} }