@thesis{thesis, author={ALDIANA NAZILUL and ASTRID CHANDRA and NANING }, title ={ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-DEPENDENT DAN FIELD-INDEPENDENT}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1873/}, abstract={Berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting yang mesti diajarkan kepada mahasiswa dalam pendidikan abad 21. Penyelesaian masalah pada matematika dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang dihasilkan akan bergantung pada gaya kognitif yang dimilikinya. Gaya kognitif sendiri sangat beragam, salah satunya yaitu gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2021, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Subjek penelitian terdiri dari satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi, dan satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Group Embedded Figure Test (GEFT), Tes Masalah Matematika, pedoman wawancara, dan rubrik pengamatan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori cukup kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori tidak kreatif.} }