@thesis{thesis, author={Aditya Admaja and Hasan and Rohmad }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA SISWA KELAS IV SD INTEGRAL LUKMAN AL HAKIM BOJONEGORO}, year={2022}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/1890/}, abstract={Keterampilan dasar permainan sepakbola terdiri atas menendang bola, menggiring bola dan menghentikan bola.Keterampilan perihal teknik dasar sepak bola perlu diberikan kepada siswa supaya siswa memiliki keterampilan yang mendasar mengenai sepak bola.Karena banyaknya antusias masyarakat terhadap permainan ini,tentunya berdampak pada perhatian pemerintah maupun swasta yang mengadakan kompetisi serta perlombaan di bidang olahraga sepak bola.Perlu banyak latihan dan pengetahuan agar mereka terbiasa Penelitian dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas, maka dari itu diperlukan penelitian tindakan kelas.Prosedur atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam kegiatan yang berbentuk siklus penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus. peneliti memakai dua jenis data, yaitu: Pertama, data kuantitatif dan kualitatifSiklus I menunjukkan bahwa dari 18 siswa terdapat 11 siswa (62%) yang tuntas sedangkan yang belum tuntas dibawah KKM 7 siswa (38%). Siklus II menunjukkan bahwa dari 18 siswa terdapat 18 siswa (100%) yang tuntas sedangkan yang belum tuntas dibawah KKM 0 siswa (0%).Ketuntasan hasil keterampilan siswa telah mencapai standar klasikal minimum pada siklus II yaitu 100%. Berdasarkan uraian diatas menggambarkan bahwa pembelajaran teknik dasar passing sepak bola dengan metode kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SD Integral Lukman Al Hakim Bojonegoro dapat dijadikan sebagai pengganti model pembelajaran yang lama agar siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran Penjaskes} }