@thesis{thesis, author={Fauziyatul and Mohammad and Vesti Dwi }, title ={PENGEMBANGAN PANDUAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19}, year={2021}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/972/}, abstract={Teknik self management merupakan teknik dimana proses perubahan tingkah laku yang mengarahkan adalah mereka sendiri dengan bimbingan konselor, yang menggunakan satu strategi atau kombinasi strategi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah panduan pelatihan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Teknik self management ini merupakan salah satu teknik yang mampu merubah tingkah laku individu dengan bantuan dirinya sendiri. Teknik self management dilakukan 80 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 10 siswa yang mengalami tingkat prokrastinasi akademik sangat tinggi dengan persentase 11,11%, terdapat juga 41 siswa yang mengalami tingkat prokrastinasi akademik tinggi dengan persentase 45,55% dan 25 siswa yang mengalami tingkat prokrastinasi akademik sedang dengan persentase 27,77%. Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik self management sangat berguna untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMP. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik self management layak,tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor sekolah SMP} }