@thesis{thesis, author={M. Iqbal and Siti Khoirun and Zeti }, title ={EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX MTS ISLAMIYAH KEDUNGJAMBE KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN}, year={2021}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/988/}, abstract={Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang memiliki pengaruh besar terhadap belajar dan hasil belajar. Tingkat kuat dan lemahnya motivasi belajar pada siswa ditandai adanya ketekunan menghadapi tugas, belajar mandiri, semangat belajar, pengerjakan tugas, emosional terhadap keadaan atau suasana belajar, keyakinan terhadap suatu perihal, dan suka mencari dan memecahkan soal. Hal ini berlandaskan hasil observasi, wawancara dan angket. Skala motivasi belajar sebagai pretest. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan Rational Emoive Behavior Therapy (REBT) melalui bimbingan kelompok meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan pra eksperimen desain one group pretest ? posttest. Subjek penelitian ialah siswa kelas IX MTs Islamiyah Kedungjambe Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingkan nilai pretest - posttest. Hasil penelitian memperlihatkan motivasi belajar siswa kelas IX MTs Islmiyah Kedungjambe sebelum diberi perlakuan pendekatan REBT melalui bimbingan kelompok masuk kategori rendah sebanyak rata-rata 59,25%, setelah mendapat perlakuan meningkat masuk kategori tinggi sebanyak rata-rata 91,5%, perbandingan antara hasil persentase siswa sebelum dan sesudah mendapat treatmen sebanyak rata-rata 32,25%. Jadi, kesimpulannya terdapat perbedaan pretest - posttest, yang berarti pendekatan REBT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.} }