@thesis{thesis, author={Desy Rukmana and Naning and Vesti Dwi }, title ={PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA}, year={2021}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/991/}, abstract={Interaksi sosial merupakan salah satu bentuk hubungan sosial, dan fungsinya untuk membentuk berbagai jenis hubungan sosial yang dinamis, terlepas dari apakah hubungan tersebut berbentuk individu atau kelompok. Interaksi sosial sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sangat cocok untuk memadukan teknik sosiodrama untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Melalui pemanfaatan teknik sosiodrama, siswa memahami bahwa pembelajaran berperan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial dan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar manusia. Sosiodrama digunakan untuk memberikan pemahaman dan apresiasi terhadap masalah sosial dan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Teknik sosiodrama merupakan salah satu jenis permainan peran yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah sosial yang muncul dalam hubungan interpersonal. Teknik sosiodrama dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuesioner dengan menggunakan penelitian Pengembangan (Research & Development) yang dibagikan pada tiga sekolah SMA/SMK di 3 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro diketahui bahwa 4,20% atau 6 siswa masuk pada skala sangat rendah, selanjutnya 58,04% atau 83 siswa masuk pada skala rendah, berikutnya 31,46% atau 45 siswa masuk pada skala sedang, sedangkan 4,20% atau 6 siswa masuk pada skala tinggi dan 2,10 atau 3 siswa masuk skala sangat tinggi. Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu, uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa pandaun penelitian Teknik sosiodrama sangat berguna untuk meningkatkan interaksi sosial siswa SMA/SMK yang mencakup kedalam 8 indikator antara lain sebagai berikut : (1) percakapan (2) saling pengertian (3) kerjasama (4) keterbukaan (5) empati (6) memberikan dukungan atau motivasi (7) rasa positif (8) adanya kesamaan dengan orang lain. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik sosiodrama layak, tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMA/SMK.} }