@thesis{thesis, author={M. Iqbal and Nurul and Vesti Dwi }, title ={PENGEMBANGAN PANDUAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK PENINGKATAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA MA DARUL ULUM BAURENO}, year={2021}, url={https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/996/}, abstract={Pada masa SMA berbagai aktivitas sosial baik dengan sesama jenis maupun lawan jenis, biasanya akan mencapai puncak dan tingginya kesempatan untuk ikiut terlibat dalam berbagai aktivitas sosial menyebabkan wawasan sosial remaja menjadi lebih baik, berkurangnya konflik dan semakin baik pula dalam hal penyesuaian. Semakin sering terlibat dalam berbagai aktivitas sosial akan semakin baik untuk perkembangan remaja tersebut. Siswa yang telah memiliki kepedulian sosial maka remaja tersebut telah mencapai kedewasaan. Kepedulian merupakan tindakan nyata yang di lakukan oleh sesorang dalam merespon suatu permasalahan, Kepedulian sosial juga merupakan sebuah sikap keterhubungan dengan manusia pada umumnya, sebuah kepedulian sosial bagi setiap anggota manusia untuk membantu orang lain atau sesame. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk panduan pelatihan modeling simbolis untuk mengatasi tingkat kepedulian sosial siswa. Penelitian dan Pengembangan ini dilaksanakan dengan mengadaptasi konsep Penelitian dan Pengembangan Borg and Gall. Kegiatan Penelitian dan Pengembagan melalui : (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji produk awal oleh ahli bimbingan dan konseling, ahli media pembelajaran dan uji calon pengguna, dan (5) revisi hasil uji produk awal. Berdasarkan hasil uji produk awal menunjukkan bahwa produk panduan pelatihan teknik modeling simbolistermasuk dalam kategori sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan sangat patut, sehingga panduan pelatihan ini layak digunakan oleh konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa dalam mengatasi kepedulian sosial siswa.} }