@thesis{thesis, author={ULINNUHA UNSIYAH ZULFA}, title ={LITERATURE REVIEW: GAMBARAN SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING DI RUMAH SAKIT}, year={2022}, url={http://repository.unusa.ac.id/10141/}, abstract={Rumah Sakit dan penduduk di Indonesia pada saat ini mengalami pertumbuhan yang begitu cepat. Maka dari itu manajer pemasaran perlu mengidentifikasi karakteristik konsumennya agar mendapat gambaran dalam menggaet konsumen untuk meningkatkan kunjungan pasien. Tujuan penulisan literature review ini adalah mendeskripsikan gambaran segmentation, targeting dan positioning di Rumah Sakit. Penelitian menggunakan metode traditional literature review. Sumber data yang digunakan berasal dari database google scholar dan portal garuda dengan rentang tahun 2016-2021. Kata kunci yang digunakan ?Segmentation/segmentasi di Rumah Sakit?, ?Targeting/Target di Rumah Sakit? dan ?Positioning di Rumah Sakit?. Setelah dilakukan screening, didapatkan 14 artikel yang relevan dan menjadi bahan rujukan dalam penelitian ini. Hasil literature review menunjukkan bahwa dalam mendeskripsikan gambaran segmentation sebagian besar menggunakan pendekatan geografi, demografi, psikografi. Pada gambaran targeting, Rumah Sakit pemerintah dan swasta menetapkan target pasar hanya berdasarkan segmentation saja. Rumah Sakit pemerintah dan swasta dalam mendeskripsikan gambaran positioning sebagian besar melihat berdasarkan pesaing. Simpulan literature review ini bahwa Rumah Sakit pemerintah dan swasta dalam mendeskripsikan gambaran segmentation, targeting dan positioning belum menggunakan seluruh pendekatan/kriteria yang ada. Oleh karena itu, manajemen pemasaran RS perlu membentuk tim dan membuat jadwal agar terorganisasi dan mendapatkan hasil yang maksimal.} }