@thesis{thesis, author={SADIYAH FINA NOVA}, title ={PENILAIAN POSTUR KERJA DAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PEKERJA BACK OFFICE DI HOTEL XY YOGYAKARTA}, year={2022}, url={http://repository.unusa.ac.id/9378/}, abstract={Musculoskeletal disorders (MSDs) merupakan gangguan pada jaringan lunak (otot, sendi, ligament, tulang rawan) dan sistem saraf pada pekerja. Risiko MSDs dapat ditemukan pada aktivitas pekerjaan salah satunya adalah back office, dimana 80% dari aktivitas pekerjaan itu dilakukan dalam postur kerja duduk, berdiri, jongkok, dan membungkuk selama 1 hari kerja (8 Jam). Tujuan penelitian ini untuk menganalisa postur kerja dan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) pada pekeja back office. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan Observasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 25 pekerja dari kedua departemen Finance dan Engineering di Hotel XY Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dengan mengambil sampel keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) menggunakan kuisioner Nordic Body Map (NBM) dan untuk postur kerja dengan metode Ovako Working Analysist System (OWAS). Hasil penelitian didapatkan dari jumlah presentase 44% dengan kategori rendah dan jumlah presentase 56% nilai risiko MSDs dengan kategori sedang dengan itu perlunya melakukan upaya pengendalian atau perbaikan posisi atau postur kerja dikemudian hari dan dari hasil penilaian (Ovako Work Posture Analysis System) OWAS didapatkan aktivitas pekerjaan dengan postur kerja yang kurang nyaman, sehingga perlunya dilakukan perbaikan terhadap postur kerja dari pekerja. Kesimpulan dari hasil dan pembahasan memiliki keluhan tingkat risiko gangguan Musculuskeletal Disorders (MSDs) dan postur kerja. Maka saran yang dapat diberikan adalah perlunya dilakukan perbaikan posisi kerja yang ergonomis, melakukan peregangan otot-otot di sela-sela waktu jam kerja dan beristirahat sejenak pada jam istirahat.} }