@thesis{thesis, author={NUZULA MOH. BAYU FIRDAUS}, title ={ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS BRAIN COFFEE SHOP SURABAYA)}, year={2022}, url={http://repository.unusa.ac.id/9417/}, abstract={Food and beverages saat ini yang banyak digemari dan diburu oleh masyarakat adalah coffee shop, salah satu coffee shop yang ada di Surabaya adalah Brain Coffee Surabaya, dimana coffee shop tersebut terletak pada perkampungan yang harus melewati gang kecil sehingga akses ke lokasi kurang memadai,hal ini didapatkan dari beberapa ulasan pengunjung kafe tersebut. Maka dari itu, seiring dengan maraknya persaingan ekonomi dalam bidang coffee shop, maka untuk menjaga intensitas pelanggan Brain Coffee Surabaya dilakukan penelitian mengenai kepuasan pelanggan. Untuk mengukur kepuasan pelanggan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Subjek dari penelitian ini adalah pelanggan dari coffee shop tersebut, sehingga data yang didapatkan adalah prefensi dari hasil wawancara atau survei langsung terhadap pelanggan.. Dimana sampel penelitian yang didapatkan yaitu sebanyak 96 pelanggan, dengan dilakukan selama I0 hari sesuai jam operasional kafe. Selain itu, variabel atau pertanyaan yang diajukan terhadap responden berupa variabel kualitas layanan yang meliputi 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty yang berkenaan dengan fasilitas sarana dan prasarana, pelayanan karyawan, kebersihan, dll. Dari hasil analisis data di informasikan bahwa mayoritas pengunjung Brain Coffee Surabaya adalah perempuan dan usia pengunjung mayoritas berumur I9 sampai 2I tahun, dengan ditemani oleh pacar/teman/sahabat. Selain itu, pengunjung sudah merasa puas dengan pelayanan didapatkan, dengan beberapa aspek pelayanan yang mendapatkan penilaian performa yang baik yaitu berkenaan dengan sarana dan prasarana seperti wifi, ac, meja dan kursi serta pelayanan dari karyawan yang dianggap sudah sopan dan ramah. Namun, ada beberapa pelayanan yang perlu ditingkatkan lagi seperti lokasi yang kurang strategis dan luas, kesesuain harga dan kualitas, serta kejelasan informasi mengenai narahubung dan informasi keluhan pelanggan.} }