@thesis{thesis, author={SERAN Vinsensius B}, title ={Analisis Perubahan Laba Kotor Pada PT Satryakarya Adhiyudha Cabang Kupang}, year={2018}, url={http://repository.unwira.ac.id/2739/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan laba kotor pada PT SKAY Cabang Kupang pada tahun 2014 – 2016. Alat analisis yang digunakan adalah analisis perubahan laba kotor yaitu dengan cara membandingkan laporan keuangan dari tahun 2014 sampai dengan 2016 agar dapat mengetahui yang disebabkan oleh faktor penjualan dan faktor harga pokok penjualan. Setelah dilakukan penelitian dari data yang diperoleh dapat diketahui perubahan laba kotor yang disebabkan oleh harga jual, volume penjualan, serta perubahan harga pokok per satuan produk. Jenis data pada penelitian ini adalah data menurut sumbernya yaitu data primer dan skunder, sedangkan data menurut sifatnya yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah metode deskriptif dengan alat analisis perubahan laba kotor. Dari penelitian ini terdapat perubahan laba kotor yang diperoleh PT SatriaKarya Adhiyudha Cabang Kupang di tahun (2014) 40.79% (2015) -15,52% (2016) 30,49%. Penyebab dari adanya perubahan laba kotor dalam penjualan produk cat Emco selama tiga tahun terakhir adalah faktor harga jual per Kg yaitu di tahun (2014) 25,32% (2015) 7.75% (2016) 3.74% untuk faktor kuantitas (volume) penjualan tahun (2014) 3,55 % (2015) -4,68% (2016) 8.05%. Pada kedua faktor ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan laba kotor perusahaan, karena jika harga jual dan volume penjualan meningkat maka laba kotor akan meningkat. Sedangkan faktor harga pokok penjualan per satuan produk tahun (2014) 22,35% (2015) -1,92% (2016) 3,92%, pada faktor kuantitas harga pokok penjualan tahun (2014) 11,90% (2015) -2,06% (2016) 3,19%. Pada kedua faktor ini merupakan faktor yang menyebakan adanya penurunan terhadap laba kotor perusahaan. Berdasarkan hasil analisis, di sarankan agar PT SatriaKarya Adhiyudha Cabang Kupang harus memperhatikan pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk cat Emco dan harga jual produk demi tercapainya target yang telah ditetapkan perusahaan.} }