@thesis{thesis, author={BRIA Yustina Bano}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya Pada Peserta Didik Kelas VII C Semester Ganjil SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018}, year={2018}, url={http://repository.unwira.ac.id/4466/}, abstract={Model Pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model atau strategi pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung di lapangan untuk menemukan konsep melalaui serangkaian data atau informasi yang diperoleh melalui pengamatan atau percobaan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok suhu dan perubahannya pada peserta didik kelas VIIC semester ganjil SMP Negeri 2 kupang tahun ajaran 2017/2018? Yang secara spesifik dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning materi pokok suhu dan perubahannya pada peserta didik kelas VIIC semester ganjil SMP Negeri 2 kupang tahun ajaran 2017/2018? 2) bagaiman ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model Discovery Learning Materi Pokok Suhu dan Perubahannya pada peserta didik kelas VIIC semester ganjil SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018.3). bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Suhu dan Perubahannya pada peserta didik kelas VIIC semester ganjil SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018.4). bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery LearningMateri Pokok Suhu dan Perubahannya pada peserta didik kelas VIIC semester ganjil SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018.5). Menyelidiki efektifitas penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptifdan subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIICSMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang dan guru (peneliti). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-Kisi dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning adalah optimal untuk materi pokok Suhu dan Perubahannya pada peserta didik kelas VIIC SMP Negeri 2 Kupang yang berjumlah 30 orang. Secara terperinci sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang meliputi: perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan instrumeni pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator Hasil Belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar fisika peserta didik pada umumnya tuntas dengan kategori baik. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learninberada dalam kategori sangat baik.} }