@thesis{thesis, author={KARA Ivoni Nela}, title ={Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2013/2014}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9594/}, abstract={Pendidikan merupakan salah satu bentuk upaya untuk menigkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Seorang guru memegang peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru perlu memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai model pembelajaran yang dianggap cocok serta dapat merancang suasana kelas yang sedemikian rupa sehingga siswa mendapat kesempatan untuk dapat berinteraksi dengan pihak lain. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Teams Assisted Individualizaton (TAI) . Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Sistem Pernapasan manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) efektif dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dengan analisis yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 89,67 (tuntas) dan secara klasikal 96,77% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,89 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,78 ? 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,92 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,73 (baik), dan reliabilitas instrumennya 95,86 (baik). Berdasarkan hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok Sistem Pernapasan Manusia pada siswa kelas VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2013/2014} }