@thesis{thesis, author={BAU Maria Natalia}, title ={Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMPK Diakui St.Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9600/}, abstract={Masalah pokok dalam pembelajaran pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik terhadap materi ajar. Rendahnya hasil belajar peserta didik ini merupakan hasil dari proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional, karena aktivitas proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dimana guru sebagai pemegang peranan utama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK diakui St. Yosef Weluli Kabupaten Belu Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Data dikumpul melaui observasi dan pemberian tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan (1) Hasil belajar siswa perindividu mencapai rata-rata 84,2; (2) hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 100% (Tuntas); (3) ketuntasan indikator rata-rata 0,83 (tuntas); (4)Sensitivitas butir soal 0,54 (baik); (5) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kategori baik dengan skor ratarata adalah 3,75; (6) Persentase aktivitas siswa dengan aktivitas yang paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan LKS 26,48. Kesimpulannya yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melaluhi pendekatan Numbered heads together efektif terhadap hasil belajar siswa kelasVIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Diakui St. Yosef Weluli tahun ajaran 2014/2015.} }