@thesis{thesis, author={SERAN Maria Yenitriana L.}, title ={Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kupang Pada Materi Pokok Ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9605/}, abstract={Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem Tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII B. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan metode pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa perindividu 78,64 (tuntas) dan secara klasikal, 81,82 (tuntas). Rerata indikator 0,86 (tuntas), dan 0,45 (sensitif) ? 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 83,69% (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,51 (baik), dan reliabilitas instrumennya 90,90% (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem tahun ajaran 2012/2013.} }