@thesis{thesis, author={RIBER Muhammad}, title ={Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9613/}, abstract={Pembelajaran di kelas masih berfokus pada guru sehingga siswa banyak pasif. Guru belum menggunakan pembelajaran konstruktifisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Kemudian penelitian ini dikumpulkan dengan rancangan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rerata ketuntasan hasil belajar siswa saat pemberian pre-test 40 setelah diberi post-test hasilnya meningkat menjadi 78,13 dan rata-rata peningkatan sebesar 38,13 (tuntas) dengan ketuntasan klasikal 83,33% (tuntas), (2) rerata indikator 0,76 (tuntas) dan sensitivitas butir soal 0,41 (sensitif), (3) Skor kemampuan guru 3,54 (baik) dengan reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran 100%, (4) presentasi aktivitas siswa dengan aktivitas yang paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan LKS 43,02%. Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.} }