@thesis{thesis, author={KOANAK Renny R.}, title ={Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2014/2015}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9620/}, abstract={Pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together merupakan jalan yang paling efektif untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa dalam mencari dan menemukan sendiri, serta membangun pengetahuan melalui interaksi dan komunikasi pribadi antar siswa dalam kelompok serta antar kelompok dan kelompok, maupun antara siswa dengan guru dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada suasana komunikasi dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dan Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data analisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rerata hasil belajar siswa perindividu mencapai 82,04 (2) Ketuntasan klasikal 95,45% (3) Rerata proporsi indikator 0,81. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2014/2015.} }